Persiapan buat anak part 2 - lahiran dimana?

02.15

di post sebelumnya, gw bahas tentang dana pendidikan, kali ini gw mau bahas, lahiran dimana? ini sungguh ya sungguh bikin gundah gulana... ya elah gundah mulu, soalnya kan berhubungan dengan kenyamanan dan budget... eaaa... 


kenapa kenyamanan? misal nanti habis lahiran, tenaga terkuras kan, mau lahiran normal atau sc ya pasti butuh istirahat pemulihan, kebetulan gw jg berencana nantinya yg nungguin gw g cm lakik gw aja, nyokap gw jg, nah yg boleh ditungguin lbh dr 2 org it biasanya kamar VIP... 
Nah, otomatis itu berhubungan dengan budget... kenapa g pake BPJS sis? berhubung gw pgn bgt nget nget normal di RS, dan uda gw tanya2 ke pihak RS, gw dpt info klau kita g bsa pake BPJS kalo lahiran normal di RS... :(  pas gw cb2 eh gw dirujuknya ke puskesmas kalo mau pake bpjs lahiran normal... jadi, pencarian gw dimulai dengan tanya2 harga persalinan normal yg sesuai budget di beberapa RS incaran gw... dan...

1. RS JAKARTA
Demi apapun gw pengeeeeeen banget lahiran disni, tapi apa daya... (cek saku... cek celengan... cek rekening).... ternyata kalo g pake BPJS, disni sangatlah over budget... misal gw ambil kelas 1 seharga 17 jeti.... jeng jeng.... 
kalo fasilitas di RS jakarta sih uda nyaman ya.. g usa ditanya.. tapi ya itu,, gimana biayanya.. :( kan masi ada post dana2 laiin.. atau.... ada yang mau nyumbang? :D

2. RSIA BUDI KEMULIAAN
kalo dari segi fasilitas dan harga, mungkin ini lumayan sesuai dengan kondisi gw... kalo misal gw ambil kelas 1... kebetulan gw nanya pricelist lewat telpon...  jadi g dapet harga semua kamar. kamar rawat inap disini sebutan kamarnya pake nama ruangan, misal kelas isi 2 pasien itu nama ruangannya nya subrada (bisa di cek di sini  ... berapa untuk harga kamar subrada di 2018 dengan persalinan normal? sekitar 7 juta belum sm tambahan biaya lain misal alkes tambahan, obat dll... jadi gw mungkin kudu siap2 10 jeti...  : ( berapa hari dirawat? kalo g salah 2 hari, gw lupa tapi ya kalo normal jangan lama2 juga sih, pasti paling nyaman emg rumah sendiri... cuma lumayan ya, lokasinya di daerah Jakpus... hehehe... tapi selain kenyamanan. alasan gw pengen lahiran disni, karena ada fasilitas si dukun 3 in 1.. apa tuh? jadii ini program baru di tahun 2018 dari program pemprov DKI, dimana bayi yang dilahirkan di RS yang uda ada fasilitas si dukun, setelah keluar RS akan mendapatakan 5 dokumen seperti AKTA LAHIR, NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN, KK, KARTU BPJS, dan KIA... secara GRATIS.... gila kan ya. berhubung gw agak susah nantinya buat urus2 bolak balik sana sini (karena jaga baby), sedangkan si suami jg org yang sgt susah urus bgtuan... jadi.. gw pikr ini dia nih... kece programnya.. coba silakan baca syarat2nya disini . sementara program si dukun ini (agak gimna ya namanya, tapi ya udalah ya) bisa di nikmati di 10 RSUD di jakarta dibawh ini :

cm ternyata, bu mer (bu mertua) kurang setuju, karna kejauhan dari tempat tinggal... iya jg si, klo ada apa2 repot jg bolak baliknya jauh .. huhu, maklum tinggal diperbtasan antara jaksel dan tangerang... padahal asli mau bgt lahiran dimari...

3. RS MUHAMMADIYAH TAMAN PURING
ini RS ga gtu jauh dari rumah, dokter2 obgyn nya juga byk yg terkenal ya, yu knowlah.... faslitas juga oke... jadi gw pun coba2 asking2 berapakah lahiran disni... dan jeng jeng....
lambaikan tangan ke kamera... :(

4. RSUD PASAR MINGGU
setelah tau program si dukun 3 in 1, gw pun mikir, kenapa g melahirkan di RSUD aja ya.. mungkin lebih terjangkau... mungkin loh ya... jadi gw pun memasukan salah satunya RSUD pasar minggu dalam pilihan untuk persalinan nanti.... tapiiiii, gw agak ragu sm pelayanannya, padahal blm coba kontrol, jarak juga lumayan si, ya sedenglah.. yg bikin gw ragu, katanya sih ya, perawatnya jutek2, itu gw baca di beberapa blog sih.. tapi kata temen gw, istrinya lahiran dstu fine2 aj... jadi karena ragu, gw mundur saj, soalnya kan kudu kontrol dulu dstu, sementara gw agak repot kalo pas mendekati HPL kontrol mingguan kesana.. mayan jaraknya... padaha s harga lumayan tapi gw lupa


5. RS KARTINI
ini dkt bgt sm rumah, masuk jg si sm budget, cm kamarnya yg VIP B g gtu lega, jd gw rasa krg cukup kalo buat yg kira2 nunggu atau jenguk... cm karena ini tadinya khusus berslin kalo g salah jd dokter spog ready tiap hari, trus jamnya jgavailable banyak, nah, perawatnya jg ramah dan care yaa.. (ini pas gw nanya2 n liat2 si,, maybe ya, ) nah utk harga berikut ;



itu beberapa RS yg gw datengin, ada sih RS lainnya, RS avisena, RS aminah, RS sari asih ciledug. dan pada akhirnya gw milih RS sari asih Ciledug, karena uda dkt bgt HPL dan gw bingung mau kmna lagi drpd tar g ada dokter yg mau megang ya. hahahha... post RS untuk lahiran gw bahas lbh lanjut di next posting...

sebenernya sih, intinya, yg gw lakukan kurang tepat, kenapa sih gw mentingin yg ruangannya nyaman dulu, padahal kan harusnya prioritasin (menurt gw setelah melahirkan) gw cari dokter yg gentle birth, yg cocok lah sm kalian, kesalahan gw yg pindah2 dokter karena emg blom nemu dokter yg sreg smpe lahiran hahahhaa. sekalinya cucok, eh doktenya di RS itu berhenti pas menjelang HPL, masa iya gw pindah lagi padahal dah deket mau lahiran.. wadaw... jd gw pasrah aja, Alhamdulillah... nanti gw cerita lbh lengkap yaaa.. di next post........

You Might Also Like

0 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

SUBSCRIBE

Like us on Facebook