Baby

Perkenalkan, namaku kanaya - Pengalaman melahirkan anak pertama

09.24

memasuki minggu 38, gw uda kontrol ke Dr Mimi di RS sari Asih ciledug seminggu sekali, buat jaga2 gw jg kontrol ke klinik faskes 1 gw, siapa tau kondisi mengharuskan gw secar, dari kontrol terakhir baik di RS dan klinik, keduanya mengatakan kondisi gw siap dan bagus untuk lahiran normal... dilihat dari posisi janin, berat Janin, dan hasil lab.
Karena HPL gw itu 15 juni, pas hari Lebaran, gw khawatir menjelang dekat lebaran atau hari H lebaran sang dokter cuti, jd gw bilang ke bayi dalam perut, "dek, kamu lahirannya sebelum lebaran aja ya" .

di tanggal 6 Juni, dini hari, gw yang biasa begadang dan emg blom tdr, ngerasa perut gw kontraksi, tapi gw g mau ge er, siapa tau kontraksi palsu, sakitnya ya kayak mau haid gtulah... akhirnya pun usaha tidur, selang beberapa jam, kontraksinya bikin sakit banget, gimana mau tidur... gw pun buka aplikasi Bidan yessie, kontraksi nyaman, aplikasi nya nenangin banget, bikin kita lebih tenang dan mengatur nafas lebih baik, tapi gara2 gw putar di tengah malam dan g pake headset, suami terganggu dan bilang berisik.. pftttt ih.. ahahhaha kesel juga ama ni org, akhirnya gw tdur. jam 3 dini hari, gw kebangun, dan ke kamar mandi, pas buka celana, ada lendir tebel warna kuning dan ada sedikit darah...  kayaknya ini pertanda gw mau melahirkan, bilanglah gw sm nyokap, nyokap pun bilang ini tanda2 mau lahiran... Tapiii karena gw uda browsing2, katanya anak pertama itu keluarnya lama, jd kalo ada tanda2 atau pembukaan blom tentu di hari itu juga bakal lahiran, y uda gw masi santai.
tgak lama, jarak kontraksinya makin lama makin dekat ya, gw bilang lah sm suami dan nyokap yg lg sahur... kata nyokap pagi2 ke RS aja untuk di periksa sama dokter, gw bilang siang aja deh, drpada tar gw disuurh balik ke rumah lg... repot amat bolak baik, tapi karena penasaran, gw buka lagi aplikasi kontraksi nyaman, dan bener, jaraknya uda tiap belasan menit sampe akhirnya kontraksi uda tiap 5 mnit, aplikasi itu uda nyurh gw ke RS pas jam 6 pagi.. gw masi ragu, y uda gw sm laki gw brgkat jg setengah 7 pagi ke RS, dengan TIDAK bawa koper kebutuhan persalinan.

Sesampainya di RS, di VT lah, gw agak gugup karena katanya di VT sakit, dan pas gw di VT, ternyata biasa aja.. dan uda pembukaan 3... kaget sih, langsunglah CTG, dipasang alat perekam detak jantung bayi ke perut, katanya untuk tahu kondisi bayi stres tau gak.. si bidan bilang, ini g sampe malam uda lahiran harusnya...habis itu gw ditinggal berdua sm suami di ruang bersalin... bingung mau ngapain selain tidur miring kanan kiri dengan bantal di ganjal di antara kaki biar mengurangi rasa sakit.

denger kemungkinan malem baru lahiran, gw bilang sm bayik lagi, "dek, Kamu lahiran sebelum dzuhur aja ya,"... sambil berharap si bayik mengerti dan sepakat... kayaknya waktu berjalan lambat banget... jam 9 pagi gw di VT lagi dan uda bukaan 5, wow, akhirnya gw blg sm laki gw utk blg nyokp agar ke RS sekalian bwa koper... ga lama, kontraksi perut gw rutin bgt, dan terassa lendir tebel itu banyak keluar di miss v... tb2 kok sakitnya makin jadi, gw bilang sm suami, duh kok makin sakit, gw blg sm nyokap trus elus pinggang, gw ngeremes smbil peluk suami, eh tb2 bidan datang lagi mau VT, ternyata doi VT pas kontraksi, katanya emg gt prosedurnya.. APA... oke makasih... inilah VT yg dimaksud dengan org2 yg bilang kalo di VT itu sakit...!!
skit kontraksi, eh diobok2 pula, Gimana gw ga meringis dan refleks bilang "bu udahan g usa di obok2 lagi..." sambil tangan gw refleks nahan tangan doi... hahaha
"iya Ibu, tahan ya... bagus kok ini, uda bukaan 7, bentar lagi ya bu, ini kontraksi rutin jadi bagus, ibunya pintar ya, nanti kalo mau ngeden jangan ngeden dulu, tahan ya, soalnya kalo bukaan belum lengkap uda ngeden, nanti bengkak di leher rahim terus kepala anaknya panjang... "
oke, baiklah... dan gw kembali ditinggal sm bu bidan, beneran dah, ini bukaan 7 rasanya kaga santaiii... walau gw ga sampe teriak2, cm gw ngoceh terus ke suami... hahaha, "sakit ndri, aduh pinggangnya, aduh... mau ngeden.. aduh..." trs ngucap istighfar, trus ngoceh lagi... haha, sampe gw bilang sm suami, "aa udahan aja yuk udahan" selama berkali2, dan dia tettep ngingetin kontrol nafas... tapi gara2 ini habis lahiran, gw diledekin suami, "udahan2 aja, emang mainan udahan, hahahha"...
Aslii, rasanya ituu kayak lo pengen pup, Uda diujung dan hasrat mau ngeden tak tertahankan.. gimane nahannyaaa... huhu ternyata ada pasien yang masuk IGD dan mau ngelahirin, bidan2 dan dokter langsung nanganin itu pasien. dan terpaksalah karena seruangan, daku mendengar rintihan sakit orang lain yang bikin parno... eh ternyata pasien ini bentar banget persalinannya, ada kali hitungan belasan menit bayi nya keluar... jadi gw ada sempet berpikir gw mungkin bisa juga sebentar... mungkin...

Selang waktu ga lama, bidan mempersilakan nyokap dan mertua keluar, tinggal gw, suami, bidan, dan dokter mimi yg baru masuk ke ruangan... gw uda teriak"aduh, ga kuat, ga kuat, mau ngeden nih... g kuat nahan ngeden" gw lupa di VT lagi atau ga.. tapi yg jelas g lama, bidan Kasi intruksi, kalo kontraksi datang, langsung ngeden ya... gw disuruh pegang dengkul tarik.. dan siap2 ngeden.. ini nih, gw ada browsing kalo ngeden bisa berkali2 dan kudu panjang, yg g gw tau, ngeden harus pas kontraksi... whaaat.... tb2 kontraksi dong, alamak... gw uda harus tarik nafas dan ngeden.. ga kuat lah ngeden pertama, karena harus panjang... gw panik, karena masi kontrakssi jd gw disuruh ambil nafas dan ngeden lagi, buset jarak singkat mana smpet ambil nafas panjang... jahahahah.. ga lama kontraksi berhenti... mungkin bayiknya paham, biar gw nafas dulu, karena drtd kontrol nafas kan terus2an, eh lags disuruh ngeden, kayak kehabisan nafas gitula.. lumayan, g lama kontraksi lagi dan gw ambil nafas panjang, dua kali ngeden dan lahirlah yang dinanti2, anak perempuanku....pas dikluarin, langsunglah adzan dzuhur. Subhanallah Alhamdulillah... sesuai dgn keinginan gue :')

dengan nafas masih ngos2an, dilakukan IMD, lucuu banget dy nyari2 puting, berhasil, dan g lam dy bersin.. hahah lucuuk bgt nak kamu... dan aak bayik gw gede bgt, pas lahir, asli, kaget gue..  aaahh rasanya g nyangka uda jadi seorang ibuuu. dan moment itu agak terganggu gara2... dijahit.... jadi gw IMD sambil kdg teriak "aak. a.kk.. akk.." oke gw dijahit sepertinya jahitannya banyak... ok.. jgn2 gw digunting... tapi gw g berani nanya.. cukup lumayan lama di IMD, asi keluar, duh bahagia bgt, tapi gw bilang ke suamii, cukup satu anak yaaa... hahahhaha... setelah proses jahit selesai, dokter mimi memberikan slamat dan keluar ruangan, g lama nyokap dan mertua masuk, lagi IMD, muka gw kucel, eh anak di foto, mungkin pd g sabar mau share foto ke keluarga... kan gw tadinya mau kayak org2, foto pas lg IMD sambil senyum cantik nan bahagia, tapi ya bukkk... Abis kucel gini, boro2 gw kefoto, semua fokus foto anak gw.. ya udalah ya. rasanya Lelaaaaah, pinggang rasa mau copot... tapi ngeliat anak seneeeng bgt... oh ini nih yg nemenin gw slma 9 bulan.. :) selamat datang di dunia ini, Kanaya... <3 terima kasih uda milih kami jd orgtua, eh g milih ya, hahaha.... ijinkan kami merawat dengan penuh kasih dan sayang, belajar jd orgtua yg baik :)

kana pun mau dibersihin dulu, dan ditimbang, beratnya 3,1kg... tinggal gw berdua sm lakik gw... g nyangka kita uda jd orgtua... trus dy ngeledekin gw yg selama persalinan ngoceh2 smpe minta udahan.. hahha... gw pun nanya, kok Aku dijahit, Aku digunting ya? iya digunting... dy nyer2an sebenernya... lemes, ngeliatnya. dy jug liat kemunculan kepala anak pas mau keluar... gw bilang kok g beraasaa y digunting, berasanya dijahit... pas gw tanya bidan ternyata pengguntingan dilakukan pas kontraksi, jd uda sakit diperut g beraasaa lg sakit digunting... hooo gitar.. pantas aja... ada kali gw diruangan bersalin smpe sore, kok gw kaga dipindah2 dah ke kamar.. -__- eh ternyata gw di mandiin dulu, dibersihin... habis it br masuk kamar... dan gw disuuruh sebelum jam 5 sore, gw harus pipis....
ini dilema si, jalan perlahan takut jahitan lepas. hahaha.. gw jg pipis. duduknya perlahan.. asli.. takut gue... sambil dipapah bidannya.. dan berhasil :)... sorenya, sang bayi, kana, dibawa ke kamar, yeaaaay aaaakk gemesss... 3 hari di RS, sgtla bahagia, disebelah ada anak, dimanja suami pula!! eh balik kerumah, post partum ya... drama... yang akan dibahas di next post...

well, selamat sang dunia... ini Aku, Kanaya!

You Might Also Like

2 komentar

  1. Mba mau tanya, lahirannya sama dr. Mimi? Dia pro normal ya? Nama aslinya yg roefmilina bukan ya? Tengkyuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah iya, betul sm dr roefmilina, Alhmadulillah aku di arahin untuk normal, walo postur tubuhku kecil :D

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.

SUBSCRIBE

Like us on Facebook