Baby

Naik pesawat dengan bayi 3 bulan?

19.15

hal yang rada bikin gw cemas (dan mungkin bu ibu lainnya) mengajak bayi berumur 3 bulan bepergian naik pesawat yaitu, telinga nya bisa jadi sakit dan membuat bayi tidak nyaman dan segala persiapan antisipasi agar terbang bersama bayi aman damai tentram dan lancar... Buat antisipasi, gw pun searching, dimulai dari, peraturan maskapai penerbangan tentang membawa bayi dipesawat... kenapa itu dulu... karena gw harus memastikan apakah ada syarat2 membawa bayi naik peswat... ternyata iya... dan tiap2 maskapai bisa saja berbeda kebijakan, seperti harus membawa surat ijin terbang dari dokter misalnya.... atau lebih lengkapnya bisa baca disini.

selain itu, gw pun menyiapkan fotocopy akte kelahiran Kana untuk jaga2, ditanya petugas untuk menunjukn bukti umur kana... lalu apalagi yang harus diperhatikan? yaitu pemilihan jam terbang pesawat yang disesuaikan dengan kebiasaan jam tidur bayi. karena apa? ternyata, cara efektif untuk menghindari perubahan tekanan udara ditelinga itu dengan tidur... waktu konsultasi dengan dokter anak sih gtu ya... apa bener dok? eh pas didalam pesawat dan tidur, kana nyenyak sampai landing dan baru bangun pas keluar pesawat, oh ya, ternyata faktor kesehatan tubuh juga ngaruh... kita aja yg kalo lagi pilek naik peswat telinga sakit, apalagi kalo bayi pilek... klo uda gitu sih, menyusui bayi biar dy nelan air susu sehinga mengurangi rasa sakit telinga pas take off dan landing...

pake earmuff ngaruh g sih? buat apa dulu, kalo buat nutupin biar tekanan udara ke telinga gw rada2 g yakin... kan ada tuh yng bilang tutup aja pake kapas, earmuff, dll... kata beberpa dokter juga g gtu ngaruh cumaaaa gue tetep pake penutup telinga biar mengurangi kebisingan suara pesawat untuk mengamankan pendengaran anak gw, gw takut suara psawat terlalu tinggi buat bayi :D

penutup telinga yang gw pake itu mack earplug buat anak2 yang terbuat dari lilin khusus yang ditempel didaun telinga (bukan dimasukin kedalam telinga ye, bahaya...).. beli aja di tokopedia... banyaak...

oh ya, dibawah ini tambahan tips naik pesawat bersama bayi :

1. siapin tas kecil khusus berisi diapers, baju & celana ganti, tisu basah, tisu kering, botol susu dll lalu taro di bawah bangku pesawat, biar mudah dijangkauu ketika butuh...
2. bawa selimut sama penutup menyusui (nursing cover), btw kemarin di atas pesawat batik air, gw baru ngeh ada tempat untuk ganti popok bayi disebelah toilet pesawt (apa gw doang yang baru tau :D), mungkin pesawat lain juga ada kali ya...jadi kalo tiba2 bayi pup... jangan cemas, kecuali emg mager, haahaa
3. kalo tiba2 bayi nangis, tetep kalem, namanya juga bayi... pelan2 cari tau kenapa bayi nangis... dan ikutin insting/naluri ibu... pernah tuh, waktu sebelum take off di bandara soetta... kita uda didalam pesawat, nah nunggu pesawat nya take off lamaa banget, mana panas, kana jadi agak rewel.... akhirnya, gw memakai buku majalah pesawat buat kipas... baru deh dy anteng... sepertinya, ada baiknya juga kalo kita jaga2 baw kipas tangan... just in case, kayak yg gw alamin :D

itu aja sih pengalaman gw ketik naik pesawat bawa bayi dibawah 6 bulan... kalo kalian gimana? sharing yuk

You Might Also Like

0 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

SUBSCRIBE

Like us on Facebook