Akhirnya (terpaksa) menyapih balita 15 bulan

01.14

Manusia berencana, Allah berkehendak, itu adalah takdir Allah yang tidak bisa kita pungkiri. Gue dengan yakin akan menyusui Danesha sampe dia umur 2 tahun, baru disapih. Ditengah perjalanan menyusui, tepatnya di usia Danesha ke 15 bulan, gue mengetahui bahwa ternyata gue hamil anak kedua... jeng jeng...
Awal2, gw masih kekeuh menyusui Danesha, pas periksa kehamilan 8 minggu, ternyata dokter bilang kalo bisa jangan sambil menyusui, nanti kontraksi rahim... ya, gw masi nyusuin smpe akhirnya bener2 terasa setiap abis nyusuin it perut cekit2...Mungkin ini saatnya gw menyapih Danesha, kebetulan juga air susu ini uda g ada, ibarat kata ini uda kempes... akhirnya dimulailah perjalanan menyapih ini...
Awal-awal menyapih, minggu pertama, kebetulan gw harus nginap karena tugas kerjaan selama 4 hari, selama itu Danesha sm Eyangnya, di cb pake susu formula, dan air putih. Rewel uda pasti, apalagi kalo uda kebangun tengah malam, itu karena gw dulu ngebiasaain kalo dia kebangun n rewel langsung gw kasih nenen biar anteng...  mungkin dy mencari kenyamanan itu.
Nah, pas lg sm gw, dia awal uda megang2 payudara, bilang "mi", gue usaha ngalihin ke lagu anak, atau pun ajak dia jalan2 keluar komplek, naik motor sampe dy tertidur. berhasil? untuk nidurin dy berhasil, tapi kalo dia kebangun tengah malam, dimulailah drama-drama menyapih, dimana dia bakal nangis2 kenceng minta mi :( ga tega ih, mana nangis uda smpe ingus keluar dan sesengukan...sedih aku tuh...
Akhirnya, mungkin dia lelah nangis, akhirnya tidur setelah gw gendong2 sambil tepuk2 punggungnya...
yak, ini berjalan selama beberapa hari, berulang.... kurang tidur mah uda pasti banget, dan di hari ketiga, kebetulan gw lelah, jadi gw g sanggup ngadepin Danesha, gw menyusui ketika dy kebangun tengah malam.... ini artinya, gw bikin lampu hijau ke dia, kalo dy uda boleh nyusu lagi, so, besok2nya dia justru jd lebih rewel minta susu, sampe teriak2 :( cm gw belajar dari kesalahan, besok-besoknya gw tetep g ngasih, gw kasi air putih, awal2 nolak, lama kelamaan dia terbiasa.... gw juga berusaha ngomong sm dia, entah dia mengerti atau tidak, tapi gw bilang kalau dia harus udahan menyusui dari payudara gw, karena dia mau punya adik... untungnya lagi, gw masih harus menginap selama beberapa kali karena kerjaan, jadi akhirnya mungkin dy agak terbiasa... cuma kalo ketemu gw lg dan tidur bareng, dia agak rewel, tapi ga serewel di awal-awal menyapih...
yang gw lakuin, alihin perhatian dia sampe dia tidur... Akhirnya, setelah sebulan terlewati, dia uda lebih rela kayaknya...
kalau  mau tidur, kadang tinggal naik kasur, ga lama tidur... cuma... kalo lg dirumah dibogor, masi suka kebangun tengah malam rewel nangis, kalo uda gt,. gw gendong, tepuk2 punggungnya, kasi air putih, sampe dia tidur kembali. tapi kalo tdrnya misal dirumah eyangnya, dy kalo bangun tengah malam, gw kasi minum, dy lgsg cepet tidur lagi, beda kalo disni, rumah kita dibogor, kalo mood dy jelek bisa 2 jam nangis, padahal uda digendong, dialihin cem macem, tapi tetep, dan gw akhirnya selalu kasih satu senjata pamungkas kalo gw uda lelah.... setel animasi Nusa dan Rara, kemudian dia berhenti nangis, mood kembali senang, ga lama dy tdur2an sebelah gw...
kalo nasib baik, dia tidur nyenyak smpe pagi, nasib buruk, dia ga lama kebangun lagi, kembali menangis... :D welcome to parenthood...

You Might Also Like

0 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

SUBSCRIBE

Like us on Facebook